Wednesday 12 June 2013

Cara Menghilangkan Password pada file PDF yang terproteksi


Intro … 

Pernahkah anda mendapat file PDF namun konten atau isi didalamnya tidak dapat di copy/paste?Itulah kasus yang pernah terjadi pada saya. Saya mendapatkan file berbentuk PDF, dan harus di convert ke bentuk Ms. Word. Namun apa daya, setelah aku ternyata file tersebut di proteksi ama empunya file tersebut, sungguh pelit tu orang, ^_^ … sebenarnya tidaklah asing bagi saya menemukan file yang di proteksi, but for this time, I almost give up, but I don’t need it … (Haua anni, thanx for ur spirit) 

Contoh Pdf yang terproteksi




Ending … 

File PDF dapat diproteksi dengan password untuk mencegah konten didalamnya dimodifikasi, diedit, dicetak atau di masukkan kedalam clipboard (seperti pada proses copy/paste). Ciri lain dari file PDF yang diproteksi adalah adanya tulisan “(SECURED)” pada titlebar Adobe Reader pada saat anda membuka file PDF yang bersangkutan.

Don’t worry! Ada cara menghilangkan password PDF dengan mudah. Cara ini juga memperkenankan kita untuk meng-copy/paste isi dari file PDF yang diproteksi. Caranya adalah dengan menggunakan program PDF Password Remover. Program ini bersifat portable (tidak perlu di instal) sehingga dapat dibawa dengan mudah menggunakan USB drive.

Sebenarnya buanyak sekali program sejenis yang berserakan di internet, namun bagi saya, program inilah yang sangat simple sekali penggunaanya ….. silahkan download di sini

Cara lain untuk melakukannya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara :
1. Dijadikan pdf image, lalu di-scan pakai menggunakan OCR.Begitulah konsepnya.. bisa dilakukan dengan satu software, yaitu adobe Acrobat Reader ato Foxit Reader. Dengan software ini dokumen pdf dikonversi secara keseluruhan ke dalam image, kemudian dengan fasilitas OCR yang ada pada software tersebut akan mendeteksi tulisan yang ada pada image sehingga dapat disalin ke clipboard.

2. Meng-unlock dokumen pdf secara online dengan meremove password.Bisa dilakukan di pdf*unlocker, tapi pada situs tersebut hanya bisa meremove password dokumen pdf yang berukuran 5MB saja.


3. Cara ke 3 dengan menggunakan aplikasi Nitro Pro 8, di situ banyak sekali fitur untuk utak atik file pdf, tapi dengan syarat file pdf anda sudah unlock ato tanpa proteksi.


Berikut cara penggunaan PDFpassword remover 

Step one 

Extract file PDFPassword remover yang telah anda download tadi, lihat gambar di bawah


Step two 

Setelah itu klik dua kali pada “PDFpassword remover”, seperti gambar di bawah


Sehingga muncul tampilan seperti berikut ini


Step three 

Setelah terinstall, Cukup drag-n-drop file-file PDF yang ter-password, kemudian browse di folder mana file-file PDF yang passwordnya dihilangkan akan disimpan. Disini saya menyimpan file di folder “Wonojati”, lalu klik save, lihat gambar di bawah


And finally, trarararara, its so easy …. SUCCEED … Password removed



Demikian sedikit yang aku buka dari dapur space’nya slimdog wonojati …

D’ story without hope, they took everything from me, my sweet revenge never end ….!!!

No comments:

Post a Comment