Thursday 12 July 2012

Cara membuka file ODT


Tapi terlebih dahulu kita harus tahu apa itu file ODT. Saya coba jawab, odt merupakan singkatan dari Open Document Text. File *.ODT merupakan format file dokumen Word yang dihasilkan dari OpenOffice.org. OpenOffice sendiri merupakan aplikasi writer yang berfungsi sama seperti Ms Office.

Untuk itu kamu bisa menggunakan open office untuk membuka ODT file. open office ini lengkap, bisa membuka file .odt, .doc, .doc (2000), dll.
kamu bahkan bisa merubah dari doc ke pdf. kamu bisa mendownload di website resminya di sini http://www.openoffice.org/

  1. Pilih dan upload file yang akan di convert, atau anda bisa memasukkan alamat URL dari file online yang akan di convert.
  2. Pilih output file format yang anda inginkan.
  3. Masukkan alamat email anda atau email gebetan anda, karena hasil file konversi akan dikirimkan ke email anda.
  4. Klik tombol "convert" untuk memulai mengkonversi file anda.

Dan ingat, Jangan pakai Ms.word, karena word tidak mendukung jenis file seperti itu.
Cara lain agar kita bisa membuka file *.ODT di Ms Word 2007 ataupun di Ms Word 2003 maka kita perlu menambahkan plugin terlebih dahulu di Ms Word.
Plugin yang perlu kita tambahkan di Ms Office adalah bernama OdfAddinForOffice. Ukuran filenya cukup kecil, hanya sekitar 4Mb. Silahkan cari, download di Google search engine dan install di komputer atau lepi anda.

Cara curang lain meng’convert ODT ke DOC adalah menggunakan Metode Konversi Secara Online. Metode pertama yang bisa digunakan adalah berbasis web, dengan begitu Anda tidak perlu melakukan instalasi software apapun untuk mengkonversi file Anda. Namun perlu diingat, bahwa dengan metode ini maka Anda perlu melakukan upload file/data Anda kepada pihak ketiga, jadi pikirkan terlebih dahulu masalah privasi/kerahasiaan data Anda.
Dan diantaranya adalah zamzar, Zamzar.com adalah salah satu solusi gratis untuk file converter online. Zamzar mendukung banyak sekali format file, mencakup file audio, video, gambar dan file dokumen. Untuk mengkonversi file maksimal sebesar 100MB. Langkah-langkah untuk convert file online gratis menggunakan Zamzar.com adalah sebagai berikut :
Setelah semua selesai di convert, masuklah ke inbox email anda, dan download file’nya dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh tim Zamzar Conversation.

No comments:

Post a Comment